Rabu, 02 Januari 2013

Resume 10 Profesi Kependidikan


“ Standarisasi Guru “

            Pada pertemuan kali ini menerangkan tentang Standarisasi Guru. Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direflesikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Sedangkan pengertian dari standar kompetensi guru ialah suatu ukuran yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam bentuk penugasan pengetahuan dan perilaku perbuatan bagi seorang guru agar berkelayakan untuk menduduki jabatan fungsional sesuai bidang tugas, kualifikasi dan jenjang pendidikan.

Standar kompetensi guru memiliki tujuan, yaitu:
  Ø  Tolak ukur semua pihak yang berkepentingan di bidang pendidikan dan meningkatkan     kinerja guru. Dalam komponen standar guru terdapat pengelolaan pembelajaran, pengembangan potensi dan penguasaan akademik.

Pada proses pembelajaran di kelas seorang pendidik harus melakukan interaksi dengan anak didik, yaitu:
  Ø  Berpusat pada peserta didik
  Ø  Mengembangkan kreativitas peserta didik
  Ø  Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang
  Ø  Mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai
  Ø  Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
  Ø  Belajar melalui berbuat.

Dalam Penilaian Berbasis Kelas (PBK) dapat menilai dengan berbagai cara, yaitu:
  Ø  Meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
  Ø  Berorientasi pada kompetensi
  Ø  Mengacu pada patokan
  Ø  Ketuntasan belajar
  Ø  Menggunakan berbagai cara valid, adil, terbuka dan berkesinambungan.

   Menurut Flippo pengertian dari Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan SDM untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi dan masyarakat. SDM dapat pula diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengadaan, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan SDM dalam upaya mencapai tujuan individual maupun organisasional.

Pemikiran manajemen secara umum dengan cara, yaitu:
  Ø  Gerakan manajemen ilmiah, yaitu dengan pendekatan mekanis
  Ø  Gerakan human relation, yaitu dengan pendekatan poternalis
  Ø  Gerakan kontemporer, yaitu pendekatan dengan sistem sosial.

Beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam MSDM, yaitu:
  Ø  Pendekatan SDM
  Ø  Pendekatan Manajerial
  Ø  Pendekatan Sistem
  Ø  Pendekatan Proaktif

MSDM memiliki fungsi, yaitu:
  Ø  Fungsi Perencanaan (plannig)
  Ø  Fungsi Pengadaan (procurement)
  Ø  Fungsi Pengembangan (development)
  Ø  Fungsi Pemeliharaan (maintenance)
  Ø  Fungsi Penggunaan (use)

      Menteri Pendidikan Nasional menimbang bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 28 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 


0 komentar:

Poskan Komentar