Minggu, 09 Desember 2012

Resume 6 Profesi Kependidikan


“ Standar Isi “

Pada pertemuan kali ini membahas mengenai standar isi pendidikan, yaitu:
Ø  Pengembangan kurikulum
Ø  Pendekatan pengmbangan kurikulum
Ø  Prinsip pengmbangan kurikulum
Ø  Prinsip pelaksanaan kurikulum
Ø  Sruktur kurikulum

Pengembangan kurikulum adalah sebuah proses yang merencanakan suatu alat pendidikan yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memeberikan kondisi belajar mengajar yang baik.

Pendekatan Pengembangan Kurikulum adalah cara kerja dengan menerapkan strategi dan metode yang tepat, dengan cara:
Ø  Pendekatan yang berorientasi pada bahan pelajaran
Ø  Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
Ø  Pendekatan dengan pola organisasi bahan

Prinsip pengembangan kurikulum, yaitu:
Ø  Berpusat pada potensi
Ø  Beragam dan terpadu
Ø  Tanggap terhadap perkembangan iptek
Ø  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Ø  Menyeluruh dan berkesinambungan
Ø  Belajar sepanjang hayat
Ø  Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Prinsip pelaksanaan kurikulum, yaitu:
Ø  Siswa harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas.
Ø  Menegaskan 5 pilar belajar.
Ø  Peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan.
Ø  Suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat.

Struktur kurikulum, yaitu:
Ø  Kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai siswa dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Ø  Merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran
Ø  Kompetensi terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang diseimbangkan dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Ø  Muatan lokal dan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum sekolah.
Ø  Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Ø  Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah.
Ø  Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas serta jenjang pendidikan.

Beban belajar diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sistem Tatap Muka (TM), Penugasan Terstruktur (PT), dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Sekolah mengembangkan KTSP dan silabus berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi.

0 komentar:

Posting Komentar